Menganalisis pengambilalihan Newcastle United

Menganalisis pengambilalihan Newcastle United

Newcastle United menjadi cerita terbesar dalam sepak bola awal Oktober ketika diumumkan upaya terbaru untuk membeli klub dari pemilik kontroversial Mike Ashley akhirnya berhasil.

Pejuang degradasi Liga Premier tiba-tiba menjadi salah satu klub terkaya di dunia dan semua bandar sbobet mata akan tertuju pada langkah mereka selanjutnya.

Di sini kami telah merinci bagaimana pengambilalihan Newcastle United terjadi dan apa yang bisa terjadi selanjutnya untuk The Magpies.

Bagaimana pengambilalihan Newcastle United terjadi?
Ashley pertama kali mencoba menjual Newcastle sedikit lebih dari setahun setelah dia membeli klub tersebut pada September 2008, menyusul reaksi marah penggemar atas kepergian Kevin Keegan sebagai manajer.

Namun, terlepas dari laporan dari beberapa pihak yang tertarik, klub tersebut ditarik dari pasar pada akhir tahun setelah tidak ada “pembeli yang dapat diterima” yang muncul.

Tidak lama kemudian Ashley mencoba menjual klub lagi, menyusul degradasi The Magpies dari Liga Premier pada akhir musim 2008-09.

Sekali lagi dia mundur beberapa bulan kemudian dan mengumumkan komitmennya untuk mengamankan promosi kembali ke papan atas, yang dicapai klub pada upaya pertama.

Delapan tahun pasang surut lainnya – termasuk dua degradasi lagi – akan berlalu sebelum upaya penjualan ketiga pada Oktober 2017.

Ini melihat penampilan pertama Amanda Staveley sebagai pembeli potensial dengan perusahaannya, PCP Capital Partners, mengajukan tawaran sekitar £250 juta.

Sementara kesepakatan itu runtuh tiga bulan kemudian, dengan Ashley menggambarkan proses itu sebagai “buang-buang waktu”, Staveley tidak terpengaruh.

Maju cepat ke April 2020 dan dia kembali dengan tawaran baru sebagai bagian dari konsorsium yang melibatkan Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi.

Kali ini kesepakatan disetujui tetapi tawaran itu akhirnya ditarik setelah 17 minggu menunggu persetujuan Liga Premier.

Bulan berikutnya, dalam menanggapi intervensi oleh penggemar dan anggota parlemen, Liga Premier menyatakan tidak ada pemisahan hukum yang cukup antara PIF dan pemerintah Arab Saudi.

Selain kekhawatiran tentang pemerintah yang memiliki klub sepak bola, Liga Premier juga telah diingatkan oleh Amnesty International tentang berbagai pelanggaran hak asasi manusia di negara itu.

Hampir dua tahun perselisihan hukum dan negosiasi rahasia akan menyusul, tetapi pada Oktober 2021 pengambilalihan akhirnya dilakukan setelah Liga Premier mengumumkan telah menerima “jaminan yang mengikat secara hukum” yang memadai.

Siapa pemilik Newcastle United sekarang?
Kepemilikan klub dibagi tiga, dengan PIF Arab Saudi memiliki mayoritas 80% saham.

PIF adalah “dana kekayaan kedaulatan” negara, yang dibuat pada tahun 1971 untuk menginvestasikan uang atas nama pemerintah dan mendiversifikasi ekonominya dari bahan bakar fosil.

PCP Capital Partners Staveley sekarang memiliki 10% dari klub.

Ini bukan keterlibatan pertama mereka dalam kesepakatan pengambilalihan Timur Tengah, setelah terlibat secara mencolok dalam kesepakatan investasi untuk Barclays Bank dan Manchester City.

Sisa 10% dari Newcastle United dimiliki oleh RB Sports and Media, yang merupakan perusahaan investasi yang dimiliki oleh dua bersaudara: Simon dan David Reuben.

Pengusaha Inggris ini diperkirakan memiliki kekayaan bersih £16 miliar yang diperoleh dari transaksi di properti, logam, dan ekuitas swasta.

Trofi apa yang telah dimenangkan Newcastle United?
Untuk memahami seperti apa kesuksesan di bawah pemilik baru bagi penggemar Newcastle, kita dapat melihat pencapaian klub di masa lalu.

Sementara The Magpies hanya berada di luar Liga Premier selama tiga musim dari kemungkinan 30, mereka belum finis di empat besar sejak 2003.

Lemari trofi klub jauh dari kata kosong tapi sudah lama tidak dibuka.

Newcastle belum pernah memenangkan trofi utama sejak 1955 ketika yang terbaru dari enam kemenangan Piala FA mereka terjadi dan yang terakhir dari empat gelar liga mereka adalah pada tahun 1927.

Mereka mungkin tidak menduduki puncak piramida sepak bola Inggris untuk sementara waktu tetapi mereka telah menjadi fitur reguler Liga Premier, hilang dari hanya tiga dari 30 musimnya hingga saat ini.

Namun, selama 14 musim penuh Ashley bertanggung jawab, klub hanya finis di atas peringkat 10 pada satu kesempatan, ketika Alan Pardew membawa mereka ke peringkat kelima pada 2011-12.

Sebelum kedatangan Ashley, klub telah menjadi pemandangan biasa di bagian atas tabel dan tidak asing dengan sepak bola Eropa.

The Magpies lolos dari babak penyisihan grup Liga Champions pada 2002-03 dan mencapai semi-final Piala UEFA pada musim berikutnya.

Hasil finis kelima mereka yang disebutkan di atas memicu satu-satunya petualangan Eropa klub di bawah Ashley, di mana mereka mencapai perempat final Liga Europa.

Pemain mana yang bisa dibeli Newcastle United?
Pemilik baru belum mengumumkan berapa banyak uang yang akan mereka keluarkan untuk pemain baru tetapi dengan klub berjuang melawan degradasi, jelas beberapa bala bantuan akan dibutuhkan.

Karena beberapa pemain elit mungkin tidak siap untuk bergabung dengan klub tanpa janji sepak bola Eropa musim depan, kami telah mengidentifikasi target ambisius dan realistis dalam berbagai posisi bermain.

Raksasa pertahanan Napoli telah secara teratur dikaitkan dengan kepindahan ke Inggris tetapi kesepakatan tampaknya tidak pernah terwujud.

Dijuluki “The Wall” dan dianggap sebagai salah satu bek paling lengkap dalam permainan, pemain berusia 30 tahun itu akan mendapat gaji besar.

Target yang lebih realistis adalah James Tarkowski, yang telah bersama Burnley sejak 2016 dan mungkin terbuka untuk tantangan baru.

Dengan The Clarets mendekam di dekat kaki meja dan kontraknya saat ini berakhir musim panas mendatang, Newcastle akan berada dalam posisi negosiasi yang kuat untuk jasanya.

Lini tengah menawarkan peluang yang berpotensi menarik dengan mantan Magpie Georginio Wijnaldum sudah gelisah di klub baru PSG.

Kembali ke klub untuk pemain Belanda yang angkuh tidak akan pernah terpikirkan di musim panas ketika dia meninggalkan Liverpool, tetapi jika dia gagal untuk menetap di ibukota Prancis maka paket keuangan yang tepat dapat menggodanya kembali ke Timur Laut.

Jika Wijnaldum memilih untuk bertahan di Prancis maka Wilfred Ndidi adalah rekrutan potensial lain yang bisa menopang lini tengah Newcastle.

Pemain Nigeria itu telah matang menjadi pengganti yang cakap untuk N’Golo Kante di Leicester dan telah menarik pandangan kagum dari klub Liga Premier lainnya.

Meskipun dia tidak akan murah, dia akan mewakili peningkatan besar dan masih berusia 24 tahun.

Bergerak lebih jauh ke atas lapangan, nama bintang lain yang bisa tergoda kembali ke Liga Premier adalah mantan bintang Liverpool Philippe Coutinho.

Dengan Barcelona dalam krisis dan masih mencari untuk pindah dari beberapa berpenghasilan tinggi mereka, Brasil bisa terbuka untuk awal yang baru setelah mengalami mantra mengecewakan di Spanyol.

Namun, dengan absennya Lionel Messi, dia akhirnya bisa bermain di tim utama Catalan dan mungkin memutuskan untuk tetap bertahan.

Gelandang serang yang hampir pasti akan terbuka untuk pindah adalah Jesse Lingard dari Manchester United.

Lingard bersinar dengan status pinjaman di West Ham musim lalu tetapi kepindahan permanen tidak terwujud dan dia sekarang kembali ke bangku cadangan di Old Trafford.

Dengan tempat di skuad Inggris untuk diperebutkan, dia pasti akan mengambil kesempatan untuk menjadi pemain reguler tim utama.

Di depan adalah tempat Newcastle bisa membuat percikan terbesar dari semuanya.

Superstar Prancis Kylian Mbappe sedang menjalankan kontraknya di PSG dengan Real Madrid, jadi tidak akan pernah ada waktu yang lebih baik untuk merekrut salah satu pemain terbaik dunia di awal karir mereka.

Namun, bahkan jika klub dapat memenuhi tuntutan gajinya, kurangnya sepak bola Liga Champions dapat diperhitungkan.

Pemain mana yang bisa dijual Newcastle United?
Dengan Newcastle sekarang dapat menghabiskan banyak uang di pasar transfer, beberapa anggota skuad saat ini akan dianggap tidak tersentuh tetapi ada beberapa pemain yang mungkin akan dipertahankan.

Callum Wilson dan Allan Saint-Maximin adalah penyerang dengan kualitas asli yang tidak akan melihat keluar dari kedalaman mereka di ujung atas tabel.

Kapten Jamaal Lascelles memberikan kepemimpinan dalam pertahanan dan merupakan favorit penggemar sementara penandatanganan musim panas Joe Willock bersinar dengan status pinjaman musim lalu dan dapat memberikan banyak gol dari lini tengah.

Namun, ada beberapa pemain yang masa depannya di klub kurang pasti.

Jonjo Shelvey dianggap sebagai pemain kunci oleh mantan manajer Steve Bruce, tetapi pengusirannya yang ceroboh di depan pemilik baru akan menandai kartunya.

Pemain depan Brasil Joelinton telah berjuang untuk mencetak gol sejak tiba dari Bundesliga dan dapat menemukan peluangnya terbatas jika klub merekrut lebih banyak penyerang pada Januari.

Bek tengah Fabian Schar memulai karirnya di Newcastle dengan lebih mengesankan, dengan musim debutnya termasuk gol pemenang Goal of the Month dari jarak 30 yard, tetapi seiring waktu ia merasa semakin sulit untuk mempertahankan tempat di tim utama dan dapat dipindahkan .

Siapa yang bisa menjadi manajer Newcastle United berikutnya?
Pemilik baru diharapkan untuk membuat perubahan di luar lapangan juga, dengan Bruce pergi dengan persetujuan bersama.

Tidak akan ada kekurangan manajer yang tertarik dengan proyek di St James’ Park dan kami telah mengidentifikasi lima target potensial yang dapat dipertimbangkan klub.

Manajer dengan profil tertinggi saat ini tanpa klub adalah Antonio Conte, yang terbukti sebagai juara setelah memenangkan gelar liga bersama Juventus, Chelsea dan Inter.

Namun, dia mungkin menunggu pekerjaan di Manchester United tersedia.

Categories: Judi Bola